Tips untuk Mempermudah dan Menyederhanakan Kerja Harian Kita

Posted in Insfirasi, Umum by derwan dani on 26 June , 2012

Beberapa bulan yang lalu atau mungkin setahun ini saya merasa kurang produktif dengan pekerjaan-pekerjaan saya. Terutama pekerjaan saya di website ini sebagai seorang freelance dan penulis amatir🙂, bayangkan terakhir saya melakukan update di website ini adalah setahun yang lalu, lama sekali kan. Dan akhirnya, beberapa hari yang lalu saya tak sengaja membaca beberapa artikel yang membuat saya lebih positif dalam bekerja dan saya pikir bagus juga bila saya share disini sehingga kita bisa sama-sama meningkatkan produktifitas kita.

Dalam artikel-artikel yang saya baca tersebut kita di ajak dan di ajarkan kemudahan-kemudahan dalam menjalankan pekerjaan dan rutinitas kehidupan sehari hari, terlepas dari apakah Anda seorang freelancer, seorang karyawan untuk sebuah biro desain, atau desainer di rumah.

Pada artikel ini kita akan melihat bagaimana kita dapat membuat beberapa perubahan sederhana untuk proses rutinitas harian kita sehingga kita bisa mengurangi stres dan menciptakan lingkungan yang lebih menyenangkan dan produktif. Artikel ini saya rangkum dari beberapa artikel dengan sudut pandang saya sebagai seorang web desainer, developer, freelancer dan juga karyawan IT kantoran, tetapi sebagian besar prinsip-prinsip ini juga berlaku terlepas dari apa yang Anda lakukan untuk kehidupan.

Berikut ini sepuluh hal yang saya rangkum dan mudah-mudahan dapat kita lakukan dan bermanfaat bagi kita khususnya bagi saya🙂

1. Mulai lebih Awal

melakukan segala sesuatu lebih awal untuk hari-hari kita dapat membantu kita. Misalnya jika bekerja di kantoran, biasakan datang lebih awal sebelum semua rekan kerja seperti ahmed dan marfie tiba ( walaupun saya sebelumnya selalu paling telat dari mereka :p ) situasi yang tenang akan membuat kita lebih rileks menghadapi pekerjaan. Jika bekerja di rumah kita mungkin dapat melakukannya dengan bangun dan memulai jauh sebelum orang lain di sekitar rumah kita.

Dengan datang lebih awal 30 atau 60 menit juga dapat membuat perbedaan besar dan dapat membantu kita menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. kemudian ketika orang lain berebut untuk menyelesaikan pekerjaan mereka supaya cepat pulang, kita sudah bisa mengakhiri pekerjaan.

2. Biasakan To-do-list Anda tidak Kepanjangan

Daftar yang Harus Dikerjakan merupakan aspek penting dari manajemen waktu untuk sebagian besar dari kita. tapi jangan salah, salah satu dari kesulitan dalam memiliki daftar yang harus dilakukan adalah terlalu banyaknya hal yang harus dikerjakan. Ketika ini terjadi, daftar yang harus dilakukan bisa benar-benar menjadi lebih dari sebuah penghalang daripada membantu karena kita mungkin menemukan diri kita berfokus pada bagaimana kita tidak akan pernah mampu menyelesaikan segala sesuatu daripada berkonsentrasi pada tugas-tugas di tangan.

Untuk mempermudahnya biasakan menjaga daftar yang harus dilakukan sesingkat mungkin. Sebagai contoh, fokus hanya untuk menyelesaikan dua atau tiga hal tertentu dalam hari tertentu daripada bekerja memuat daftar yang harus dikerjakan dengan 15 atau 20 item. Kita akan menemukan bahwa dengan hal-hal yang lebih sedikit maka kita dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik dengan masing-masing daftar yang harus dilakukan, dan kita masih harus mampu mencapainya secara efisien juga.

3. Prioritaskan Tugas / Pekerjaan Anda

Saat kita membuat to-do list, selalu luangkan waktu untuk memprioritaskan mereka sehingga kita tahu apa yang paling penting untuk dicapai dalam suatu hari tertentu. Jaga daftar yang harus dikerjakan oleh kita dan prioritaskan yang paling penting dulu sebelum pindah kepada daftar yang kurang signifikan, hindari menyelesaikan pekerjaan yang paling penting belakangan di sore hari. mengerjakan hal-hal yang penting lebih awal akan mengurangi stres dan umumnya akan memudahkan hari Anda.

4. Buatlah jam-jam fokus

Kadang-kadang sebagian besar dari kita berjuang untuk fokus pada satu hal, tapi kita hidup dan bekerja dalam masyarakat dimana multi-tasking adalah sebuah konstanta. Namun, kita akan menemukan bahwa kita menjadi paling produktif bila kita bisa berkonsentrasi pada satu hal untuk jangka waktu tanpa interupsi.

Cobalah membuat hari kita memiliki sekitar 1 – 4 jam untuk fokus pada penyelesaian pekerjaan yang paling penting. Jangan terganggu dengan lingkungan kerja sekitar (cuekin saja teman kerja anda yang suka mengobrol :p) atau megerjakan yang lain, fokus hanya pada prioritas utama kita. Hal ini akan menyebabkan penggunaan waktu kita lebih efisien. Kita akan menyederhanakan hal-hal dengan menghindari komplikasi yang tidak diperlukan.

5. Sering-sering istirahat untuk sejenak

Istirahat pendek sekitar 5 atau 10 menit setiap beberapa jam akan sangat membantu kita. Istirahat pendek juga diperlukan ketika kita berfokus hanya pada satu tugas selama jam-jam fokus (Kalau saya biasanya istirahat selama 10 menit sambil merokok dulu sebelum melanjutkan supaya lebih fresh walaupun sebenarnya gak sehat hehe🙂 dengan istirahat pendek ini kita bisa terbantu mendapatkan kembali fokus juga menghindari bekerja dengan tingkat efisiensi yang sangat rendah misalnya kecapean sehingga kurang berkonsentrasi.

6. Jangan Bekerja dengan Terlalu Banyak Klien di waktu yang sama

Beberapa freelancer cenderung untuk bekerja dengan klien yang berbeda pada waktu yang sama. Bagusnya pada waktu yang sama kita fokus dengan klien yang lebih sedikit karena kita akan dapat menyelesaikan proyek lebih cepat. Jika kita mengerjakan proyek untuk klien yang berbeda dan jumlahnya banyak dalam waktu yang sama misalkan dalam seminggu kita mengerjakan 4 proyek maka sebenarnya kita memiliki waktu lebih sedikit untuk masing-masing klien. tentunya apa yang kita kerjakan juga menjadi tidak optimal karena konsentrasi kita tertuju pada beberapa klien.

Selain itu, Tentunya semua klien memiliki keinginan yang berbeda dan kita seringkali menunggu feedback / revisi yang lumayan lama dari setiap tahap-tahap pekerjaan yang kita selesaikan. Bayangkan apabila revisi pekerjaan untuk semua klien datang bersamaan, apakah tidak kacau pekerjaan kita. Tentunya hal ini akan membuat kita stress dan pengerjaan proyek juga jadi tidak efektif dan efisien. Karena itu kita harus bisa menyesuaikan jumlah klien untuk setiap waktu proyek kita.

7. Gunakan Alat/Software Manajemen Proyek

Salah satu kunci untuk menyederhanakan pekerjaan kita yaitu kita harus me-manaje pekerjaan dengan baik. Ada banyak aplikasi manajemen proyek dan pilihan perangkat lunak lain untuk membantu pekerjaan kita tetap terorganisir, dan beberapa bahkan dirancang dengan desainer dan freelancer. Basecamp merupakan pilihan populer di kalangan web desainer dan development.

Terlepas dari apa aplikasi atau pendekatan yang kita gunakan, memiliki metode yang ditetapkan untuk manajemen proyek akan membantu kita untuk menggunakan waktu kita sebaik mungkin dan menghindari buang-buang waktu sehingga kita bisa mempermudah hari-hari kita.

8. Rapikan Tempat Kerja Kita

Bekerja di lingkungan yang berantakan dapat menambahkan tekanan stress yang tidak perlu. Ambil beberapa saat untuk membersihkan meja anda atau untuk meluruskan area kerja Anda dan Anda mungkin akan melihat perbedaan dalam pola pikir kita tentang pekerjaan kita. Ini adalah hal yang sederhana dan hanya perlu waktu beberapa menit untuk melakukannya, tapi dapat memiliki dampak besar dalam mengurangi stres dan ketegangan.

9. Hindari Gangguan yang tidak Perlu

Setiap kali subjek produktivitas dan kemudahan muncul, gangguan selalu disebutkan. Untuk freelancer dan desainer yang online mayoritas setiap hari selalu ada sejumlah gangguan yang potensial. Hal-hal seperti email, Twitter, dan Facebook yang diperlukan untuk sebagian besar dari kita juga dapat mengambil banyak waktu dan memecah hari kerja terus menerus jika mereka tidak bisa kita kelola dengan baik.

Jika memungkinkan, usahakan memiliki waktu khusus untuk membaca email dan jaringan sosial tersebut. Jika kita membatasi untuk waktu tertentu maka kita tidak akan terganggu dalam mengerjakan tugas-tugas lain dan kita akan dapat menyelesaikan sesuatu dengan lebih efisien.

10. Memiliki waktu akhir pekerjaan

Salah satu hal yang saya pelajari ketika saya mulai bekerja freelance secara penuh di rumah dulu (sebelum saya menjadi karyawan kantoran) adalah bahwa saya bekerja dengan tingkat waktu lebih banyak bahkan sampai tidak tidur untuk beberapa hari. walaupun pekerjaan saya lebih banyak yang selesai dan tercapai tapi ternyata saya sadar hal itu tidak efektif dan pekerjaan saya juga tidak terlalu memuaskan. Baiknya dalam sehari kita membatasi pekerjaan kita sesuai dengan to-do-list hal ini akan mencegah kita untuk bekerja terlalu lama.

semoga bisa menjadi inspirasi untuk semuanya dan semoga kita bisa bekerja lebih baik🙂

 

 

sumber : http://www.w3function.com/blog/index.php?p=det&idn=39

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: