Review Desain Interaksi www.eigeradventure.com

Posted in Komputer by derwan dani on 9 April , 2011

Nama : Derwan Dani
NRP   : G64096018
Keterangan : Tugas Akhir  IMK (Review tampilan website)
http://www.eigeradventure.com/
 

Buat yang liat jangan lupa komentarnya!! klo uda liat-liat ga komentar gw doain mandul :ngakak  :)  Klo memang mles komen silahkan di rate bintang 5 ya!

Kali ini saya akan mereview desain interaksi  web http://www.eigeradventure.com

Baik langsung saja ke pokok pembahasan(gayanya selangit ) !! ketika pertama kali kita membuka halaman web Eiger kita akan disuguhkah gambar  pendaki gunung yang menggunakan perlengkapan pendakian lengkap.  dengan sepintas penghilahatan dapat di simpulkan bahwa web Eiger sudah memfokuskan bidang yang mereka tujukan, yaitu berjualan(lebih spesifiknya memproduksi n dijual)  alat-alat bagi pencinta alam untuk melakukan kegiatannya.

web Eiger sendiri setelah di amati secara seksama difungsikan sebagai salah satu sarana untuk melakukan pemasaran produk Eiger dan informasi bagi konsumen Eiger tentang produk-produk eiger terbaru.

Review  sebagai Browser

User dengan tipe Browser, menurut Chak (2002), adalah orang yang baru pertama kali mengunjungi suatu website. Ia belum memiliki pengetahuan apapun tentang website tersebut. Ia membutuhkan bantuan untuk mengetahui “Dari mana saya harus memulai“. Website yang baik adalah website yang mampu mengatasi masalah tipe user ini, yang dapat membimbing user baru dalam menjelajah.

Dalam halaman web Eiger masih belum begitu memberikan informasi yang mambantu seorang browser untuk menjelajahi halaman-halaman web eiger. fitur-fitur pendukung untuk membantu seorang browser pun sangat minim, yang sudah adapun desain dan penempatannya terlalu susah untuk dapat membantu seoarnag browser.

1. Ukuran font menu yang sangat kecil.

2. fitur pencarian penempatan yang kurang maksimal,

Review  sebagai Evaluator

User dengan tipe Evaluator, menurut Chak (2002), adalah user yang sudah memiliki informasi dasar mengenai suatu website dan ingin melihat lebih detail. Ia sudah melakukan beberapa eksplorasi untuk membantunya mengambil keputusan. Ia memiliki beberapa kriteria dan ingin melihat detail dari suatu produk yang ditawarkan di website itu. User tipe ini satu tingkat lebih tinggi dari tipe Browser

Kekurangan yang sangat mencolok dari website Eiger ini adalah informasi detail dari produk yang ditampilkan tidak ada, kemudian warna-warna setiap produk tidak dijelaskan apakah ada warna lain, hanya menampilkan foto satu sisi, harga tidak dicantumkan.

Review  sebagai Transactor

User dengan tipe Transactor, menurut Chak (2002), adalah user yang memang sudah siap untuk melakukan transaksi, atau dengan kata lain sudah siap untuk membeli produk yang ditawarkan di suatu website. Ia ingin transaksinya berjalan dengan mudah, cepat, dan aman. User tipe ini tentu saja sudah melakukan browsing dan evaluasi terhadap produk-produk yang ditawarkan. Mungkin saja ia memang berniat membeli dari awal, atau hendak melanjutkan transaksi yang sempat tertunda sebelumnya. User tipe ini yang seharusnya “dipertahankan”, karena merekalah konsumen yang potensial. Bila mereka lari dari website kita, maka gagal pula bisnis yang dijalankan.

Belum sama sekali di berikan fitur yang mendukung untuk sorang transactor karena website eiger ini hanya menampilkan informasi belum meberikan fitur untuk melakukan transaksi secara online.

Review  sebagai Costumer

User dengan tipe Evaluator, menurut Chak (2002), adalah user yang sudah memiliki informasi dasar mengenai suatu website dan ingin melihat lebih detail. Ia sudah melakukan beberapa eksplorasi untuk membantunya mengambil keputusan. Ia memiliki beberapa kriteria dan ingin melihat detail dari suatu produk yang ditawarkan di website itu. User tipe ini satu tingkat lebih tinggi dari tipe Browser

Belum sama sekali di berikan fitur yang mendukung untuk sorang costumer karena website eiger ini hanya menampilkan informasi belum meberikan fitur untuk melakukan transaksi secara online.

Dengan semangat 45 hasil COpas sana-sini maka saya putuskan untuk mengambil kesimpulan dari tulisan yang tidak jelas alurnya ini!! :))

Kesimpulan

halaman website eiger masih banyak sekali kekurangan dari segi informasi dan tampilan yang di perlihatkan.

  1. Pemilihan warna dan font yang kurang baik dimata
  2. Tidak adanya pemisahan antara warna baground utama  dan halaman content sehingga tidak sedap di pandang
  3. Detail dari produk yang sangat-sangat tidak memberika informasi
  4. Tidak adanya layanan online yang bisa langsung membantu user untuk mengerti sesuatu yang ingin diketahuinya.
  5. belum tersedianya fitur untuk membeli produk-produk eiger secara online sehingga lebih mempermudah costumernya untuk mebeli  produk-produk eiger.

dan masih banyak lagi hal-hal yang harus di perbaiki  oleh web eiger kedepannya agar lebih membantu user dalam menjelajahi web mereka.  sehingga dapat di tingkatkan lagi !!

Terima kasih banyak buat teman2 yang telah meluangkan waktu tenaga dan pikirannya untuk mengomentari review ini!! saya sangat Terharu🙂 !! seandainya saya seorang Steve jobs !! akan saya kasih ipad2 setiap yang mengomentari review saya ini.. tapi sayang saya bukan steve jobs😀 jadi saya hanya bisa mengucapkan Terima kasih atas komentar2nya!!  

24 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. derwan dani said, on 9 April , 2011 at 1:05 pm

    mantap coy!!🙂

  2. Wahyu Dwi Suryanto said, on 11 April , 2011 at 8:20 am

    Ane bacanya kok pusing ya, gan? apa karena ane lagi laper yah…hahaha

    ayo gan, kunjungi blog ane juga…:P

    • derwan dani said, on 11 April , 2011 at 8:24 am

      itu akibat sindrom mo ujian gan :ngakak !! :p

  3. nhacanz said, on 11 April , 2011 at 8:38 am

    hooo… produk eiger na dah terkenal kale ya dan, jd gak dikasi detail produk deuh..!!! harus voice command kale yak alias nanya sama yang jual… heuheuuuu…

    • derwan dani said, on 11 April , 2011 at 8:47 am

      ia mungkin karena produknya uda sangat terkenal ampe lupa ngasih detail produknya!! mungkin uda di anggap semua user uda pada tau! 🙂

  4. tresna35 said, on 11 April , 2011 at 9:09 am

    liat website-nya bikin mupeng beli😀
    haha..bukan apa2,.diambil dari nama tengah saja😀

    • derwan dani said, on 11 April , 2011 at 9:51 am

      beli atu !! oh diambl dari nama tengah!! kirain ada sesuatu dengan tresna😀

  5. Betry Widyaningsih said, on 11 April , 2011 at 9:54 am

    gimana ceritanya ga ada fitur untuk seorang trasactor? trus, klo kita tertarik sama salah satu produknya,, gimana cara belinya y?

    • derwan dani said, on 11 April , 2011 at 10:02 am

      lagsung dteng ke outletnya aja wid😀 webnya ga bisa di harepin :ngakak

  6. Andri Setyawan said, on 11 April , 2011 at 9:59 am

    setelah membaca kesimpulannya ane pikir mending beli eiger langsung di toko deh😀 thanks sobh infonya

    • derwan dani said, on 11 April , 2011 at 10:02 am

      yg lebih enak lagi ngambil di masjid ndri😀 tinggal pilih2 n gratis lg🙂 !! tp siap2 di gebukin orang satu kampung!!

  7. R Muhammad Rizqi A said, on 11 April , 2011 at 10:19 am

    setelah saya baca reviewnya,,mau ga mau saya harus komentar karena takut mandul.. hehe dah d sumpahin dluan…
    knp kok ga ada detail produk??padahal itu sangat penting untuk membandingkan dengan produk kompetitor

    • derwan dani said, on 11 April , 2011 at 10:45 am

      itu masalahnya gan😀

  8. swordianphoenix said, on 11 April , 2011 at 10:45 am

    Iya, webnya kurang bisa diharapkan😀. Kurang bisa mempromosikan produknya juga nih

    • derwan dani said, on 11 April , 2011 at 10:53 am

      bener bgt mas bro!! ga menarik sama sekali webnya😀

  9. ariefbow said, on 11 April , 2011 at 2:29 pm

    nice info gan, tengkyu…

  10. Pauz Ibrahim N said, on 11 April , 2011 at 2:33 pm

    review nya lumayan bagus gan, sayang yang di review kurang bagus..

    eiger gag melayani transaksi via web mungkin karna tokonya rata2 sudah tersebar di kota besar, harusnya itu bisa di manfaatkan agar bisa transaksi via web dan mengambil di toko terdekat.
    mungkin itu dulu aja gan

    CMIIW

    Pauzi Ibrahim N
    http://pauziibrahim.rainvolution.com
    http://dealopa.blogspot.com/

  11. Renhard said, on 12 April , 2011 at 1:44 am

    situs ini sepertinya bukan untuk belanja online gan,,
    mungkin untuk belanja online-nya disini gan http://www.eigershop.com,,:D

    • derwan dani said, on 12 April , 2011 at 7:26 am

      ty infonya, uda sya buka tp produknyya dikit bgt ya ?!!

  12. layla said, on 13 April , 2011 at 5:19 pm

    derawan saya hanya mau revisi aja itu bukan Ealuator tapi evaluator.. sekian aja coment saya…

    • derwan dani said, on 14 April , 2011 at 11:38 am

      saya juga mau revisi!! nama saya derwan dani bukan derawan!! :ngakak

  13. zaqiatunnisa said, on 14 April , 2011 at 11:05 am

    Seremnya klo ga komen di sini😀. kayaknya eiger ni udah sangat percaya diri dengan produknya,, ga mesti dia repot2 bikin situs yang bagus n ngejelasin detail barang ini-itu pun orang udah cukup percaya dengan kualitas produk ini :p

    • derwan dani said, on 14 April , 2011 at 11:41 am

      ia!! mungkin seperti itu pemikiran mereka🙂 !! tp saya kapok beli produk eiger!! karena suka di curi klo lagi dibawa ke masjid! :ngakak

  14. diamond-is-me said, on 15 April , 2011 at 1:57 am

    belum termasuk ke dalam e-commerce ya..hanya menampilkan informasi saja…dan mmg lebih baik jika informasi produknya diperjelas..

    nice post….😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: