Search Engine Optimization (SEO)

Posted in Komputer by derwan dani on 12 February , 2011

Pengertian SEO

Sering saya mendengar dan membaca artikel yang bertebaran di dunia internet maupun media oflfine yang membicarakan SEO (Search Engine Optimization). Berangkat dari sanalah akhirnya saya memutuskan untuk menuliskannya di blog saya ini, agar supaya Anda yang mampir di blog ini juga tau apa itu SEO.

Search Engine Optimization, atau biasa disingkat SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis,

kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Bagaimana SEO bekerja(Dalam hal ini Mesin pencari Google.com)


untuk mengerti bagaimana SEO bekerja, Pertama-tama belajar bagaimana Permintaan Pencarian Google dijalankan. Gambar di bawah ini secara langsung diambil dari situs perusahaan Google.com.

semuanya berjalan melalui server Google seperti Google menemukan yang paling relevan dengan konten yang diindeks berdasarkan istilah pencarian (query) dan kemudian menampilkan kepada pengguna.

1) Bagaimana cara mendapatkan Google untuk mengindeks situs Anda?
Ini sangat sederhana. Terlepas dari jenis situs (html, flash, CMS atau PHP), Anda ingin Google meng-index halaman Anda karena itulah satu-satunya cara Anda dapat terlihat untuk permintaan pencarian di Google. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengirimkan sitemap ke Google melalui Google Webmaster Central.http://www.google.com/webmasters/ Anda dapat membaca artikel rinci tentang “Cara Membuat Sitemap” di sini.

2) Halaman Judul, Meta Description dan Meta Keyword Fields
“Halaman Judul” menjadi faktor yang paling penting, 3 elemen ini digunakan untuk menjadi tulang punggung SEO pada akhir 90-an, dan mereka masih memiliki banyak berat badan di Google Algoritma. Anda dapat melihat judul halaman di atas browser (IE atau Firefox) seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini

Jdul di halaman ini adalah ”Internet Marketing Articles dan  Resources”. Ini mendefinisikan apa isi dari halaman sekitar. Banyak situs dan perusahaan membuat kesalahan dengan menempatkan nama mereka di awal judul halaman pada setiap halaman di situs mereka. Ini tidak benar. Judul halaman harus mulai dengan apa yang halaman spesifik tentang (Istilah atau kata kunci yang Anda targetkan)

Pada akhir 90-an dan awal 2000-an, jika Anda hanya menguubah dan meng optimalkan elemen ini pada sebuah website, pada waktu dulu memakai cara ini sudah cukup. Itu tidak terjadi lagi, inilah faktor terpenting berikutnya.

3) Inbound Link (Backlinks)
Ini adalah ”teks link” dari satu situs web yang lain. Mari kita asumsikan bahwa Anda memiliki website yang sangat keren tentang  “SEPAK BOLA”  misalakan saya menjadi pemain sepak bola dan fans saya mau link kes itus Anda  dari situs saya (misalkan situs saya “JAGOAN”), nah ini ada caranya. Mari kita bahas bagaimana caranya.  Ada beberapa cara dan aku akan coba melakukan ini:

a. “Klik di sini untuk situs BOLA (contoh misal)
Seperti yang Anda lihat, ini akan menjadi ”inbound link” ke situs Anda dan sebuah ”outbound link” dari situs saya. Namun, perhatikan teks hyperlink (anchor text); itu adalah ”Klik di sini”. Namun situs Anda bukan tentang ”Klik Disini”, ini adalah tentang ”BOLA” Oleh karena ini tidak akan menjadi kualitas backlink ke situs Anda.

b. “Klik di sini untuk BOLA Contoh ini adalah cara yang benar untuk sebuah backlink karena teks hyperlink “anchor text” adalah tentang website Anda. Jadi, ini sangat ”relevan” dan “kualitas tinggi” link.

Setelah Google upaya untuk mengindeks semua halaman di situs Anda, tampak pada unsur-unsur ini untuk relevansi;
• Judul Halaman
• Meta Description
• Meta Keywords
• Jumlah Quality Inbound Links
• Kualitas Website Menghubungkan kepada Anda
• Relevansi dari Inbound Link

Meskipun ada banyak faktor di Google algoritma, yang menentukan bagaimana SEO bekerja, di atas adalah dianggap sebagai faktor dasar yang paling penting.

UNTUK UJI COBA SILAHKAN BUKA HALAMAN URL GOOGLE.COM KEMUDIAN KETIKAN MENGGUNAKAN KEYWORD “DERWAN DANI” Maka top range akan menuju ke blog ini.

Tulisan ini diambil dari berbagai sumber dan akan di update lagi!!!

Sumber :

http://www.review-kita.co.cc/2010/04/pengertian-seo.html

http://klikkananrefresh.wordpress.com/2010/02/25/bagaimana-seo-bekerja-search-engine-optimization/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: